Klinik Gadjah Mada Medical Center (GMC) kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik melalui penyelenggaraan workshop bertajuk “Peningkatan Mutu Layanan dan Kepuasan Pasien di Era Digital”. Acara yang diadakan di Hotel Griya Persada Kaliurang ini diikuti oleh seluruh pegawai Klinik GMC dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan serta kemampuan merespon keluhan pasien dengan lebih baik.
Kepala Klinik GMC, dr.Yayuk Soraya, AAK., dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peningkatan mutu layanan sebagai bagian dari komitmen Klinik GMC dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik. “Klinik GMC selalu berusaha untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Melalui workshop ini, kami berharap para pegawai dapat lebih siap menghadapi tantangan di era digital dan mampu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pasien,” ujarnya.
Workshop ini menghadirkan dua pemateri yang ahli dibidangnya. Risma Kusumanendra, SIP, seorang pakar pelayanan publik, memberikan materi mengenai strategi peningkatan mutu layanan diera digital. Ia menekankan pentingnya adaptasi teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan kesehatan. Sementara itu, Bheti Krisindawati, S.I.Kom, seorang ahli komunikasi, menyampaikan materi tentang teknik komunikasi yang efektif dalam merespon keluhan pasien. Ia menggarisbawahi pentingnya empati dan keterbukaan dalam setiap interaksi dengan pasien, khususnya dalam situasi penyampaian keluhan.
Workshop “Peningkatan Mutu Layanan dan Kepuasan Pasien di Era Digital” ini merupakan salah satu langkah strategis Klinik GMC dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan pasien di era digital ini. Klinik GMC berusaha untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi guna meningkatkan kualitas pelayanan. Workshop ini merupakan salah satu upaya konkrit dalam menghadapi tantangan dan peluang yang dibawa oleh digitalisasi.
Workshop ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan mutu layanan dan kepuasan pasien tetapi juga selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), kegiatan ini mendukung poin 3 dari SDGs yaitu “Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan” yang bertujuan untuk memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua usia. Dengan meningkatkan mutu layanan kesehatan dan respon terhadap keluhan pasien, Klinik GMC berkontribusi dalam menciptakan sistem kesehatan yang lebih baik dan lebih responsif. Penggunaan teknologi digital dalam layanan kesehatan juga mendukung efisiensi dan aksesibilitas yang lebih baik, yang merupakan bagian dari upaya mencapai kesehatan yang inklusif dan merata.